SELAMAT DATANG DI BLOG INI, SEMOGA BERGUNA DAN BERMANFAAT INFORMASINYA. SALAM ADMIN: LUK

jam merah putih

KUDA LARI DAPAT DIBURU, NASIB ORANG SIAPA TAHU. BERAKIT-RAKIT KE HULU BERENANG-RENANG KETEPIAN, BERSAKIT-SAKIT DAHULU BERSENANG-SENANG KEMUDIAN

well come

In this blog includes matters relating to the context SOCIAL, CULTURAL, ECONOMIC, BISNIS, POLITICS / STATE and GOVERNMENT. Also, some matters relating to Religious Knowledge, art, literature, almost on all the livelihood based on science, experience.

في هذا بلوق يشمل المسائل المتعلقة السياق الاجتماعي والثقافي والاقتصادي والأعمال والسياسة الدولة والحكومة. أيضا، بعض المسائل المتعلقة بالمعارف الدينية والفن والأدب، وتقريبا على جميع سبل العيش على أساس العلم والخبرة.


SEKALI LAYAR TERKEMBANG, PANTANG SURUT KETEPIAN

cari topik Blog dan link yang diinginkan. ketik kata kunci dikotak ini

please open with your language. (pilih bahasa yg sesuai tuk baca) اختيار اللغة لقراءة

untuk membaca dengan bahasa anda klik select language اختيار اللغة لقراءة

Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Pulang Kampung /Mudik Lebaran .writer: Mejuah JUah


Mejuah Juah
.gogetitton..
Tips Pulang Kampung Selamat..
HL | 23 August 2011 | 12:35 307 74 6 dari 7 Kompasianer menilai bermanfaat

Ilustrasi/Admin (tribunnews)

Libur panjang yang berkenaan dengan Lebaran banyak digunakan orang untuk ajang mudik dan pulang kampung. Bagi sebagaian orang terutama mereka yang hidup diperantauan kemungkinan besar akan merayakan lebaran bersama keluarga ditempat kelahiran.

Tentunya sebelum hari H, banyak preparasi yang akan disiapkan, mulai dari oleh oleh dan masih banyak lagi. Tradisi mudik atau pulang kampung ini tak lepas dari transportasi. Transportasi yang membantu kita tiba dikampung halaman kita. bagi mereka yang memiliki transportasi sendiri maka tidak ada masalah sekali tapi bagi yang tak punya transportasi sendiri maka tak ada pilihan selain menggunakan transportasi umum.

Beberapa Tips Ringan mudik dengan transportasi Umum.

Booking Tiket Jauh jauh Hari

Jauh jauh hari ada baiknya kita membooking tiket keberangkatan. kenapa? ada dua keuntungan yang bisa kita daptkan. yang pertama, dengan membooking jauh jauh hari maka kemungkinan kenaikan tarif tiket masih dibatas normal. walaupun ada kenaikan tapi saya kira kenaikanya masih wajar wajar saya.bandingkan saat anda memesan tiket saat hari H,yakinlah harganya akan naik drastis. keuntungan yang kedua adalah, takutnya bila tak dibooking jauh jauh hari tiket sudah terpesan habis. kalau sudah habis tiketnya, kita mau berangkat pakai apa?? Ini berlaku untuk semua jenis angkutan udara, laut dan darat.

Mudiklah sebelum hari H

Bagi mereka yang bekerja dan tak bisa mendapatkan cuti, maka pilihan yang paling bisa dijalani adalah mudik disaat hari libur telah dikeluarkan oleh perusahaan tempat bekerja. biasanya perusahaan akan memberikan libur sekitar 3-7 hari sebelum lebaran. kalau memang bisa silahkan mudik seminggu atau beberapa hari sebelum lebaran. hal ini dilakukan untuk menghindari lonjakan penumpang. ada kemungkinan bahwa dengan lonjakan penumpang fasilitas yang anda booking tak ada gunanya. belum lagi banyak oknum menggunakan situasi ini untuk mengambil keuntungan pribadi. jika kita mudik seminggu sebelum hari lebaran maka niscaya trasnportasi masih aman dan lancar dan kitapun pastinya akan lebih lega dan nyaman.

Bawa seperlunya

Tak dipungkiri, karena kebahagian akan bertemu sanak keluarga dikampung halaman maka banyak orang mempersiapkan semuanya,membawa semua hal yang ia punya. saran saya bawalah yang perlu saja. hal ini untuk menghindari kerepotan pada anda sendiri nantinya. belum lagi dengan membawa banyak barang maka kemungkinan untuk mengeluarkan extra moneypun harus ada. membawa barang yang seperunya juga memudahkan kita untuk mengontrol barang barang sendiri.

Naik dari Loket/Terminal (untuk Bis)

Bagi pemudik yang menggunakan angkutan darat terutama Bis ada baiknya naik langsung dari terminal (non tiket). dengan naik dari bis kita bisa memilih dibangku mana kita akan duduk dengan sesuka hati kita. Bila kita menyetop dari jalan (luar loket) ongkosnya memang mereng tapi ada kemungkinan kita tak akan mendapatkan jatah bangku kecuali bangku tempel (duduk ditengan aislenya) sangat kecil.

Naikilah juga bis yang menurut anda benar. Dalam moment ini banyak bis saat ini memanfaatkan peluang untuk merubah trayek. Takutnya kita malah ditelantarkan disembarang tempat kecuali kalau memang bis itu telah mendapatkan legitimasi dari pihak yang bersangkutan.

Jangan Terlalu Mencolok..

Hanya berdasarkan pengamatan saja. Banyak pemudik yang berangkat ke kampung halaman dengan stelan yang berlebihan terutama anak muda dan ibu ibu. contohnya lengkap dengan perhiasan, gelang dan sebagainya. Bukan untuk menakut nakuti tapi gaya yang seperti ini bisa saja mengundang para “pemain” untuk mendekati dan melucuti anda. ingat semua orang tahu bahwa yang namanya mudik itu pasti selalu membawa uang jadi banyak orang pula berpikiran bagaimana supaya uang itu menjadi milik mereka, apapun caranya. termasuk dengan menipu, membius, copet, memalak, mengancam, memberi direksi yang salah dan lain sebagainya.

Pilih Selamat

Utamakan keselamatan mudik kita. karena sangkin banyaknya pemudik yang akan pulang kampung kadang tak didukung dengan armada yang ada maka situasi ini kadang menemptkan kita untuk berbuat sesuatu yang tak seharusnya dilakukan. contohnya adalah dengan naik atap pada kereta api. tak dipungkiri niat ingin bertemu sanak saudara sangat besar tapi tak berarti juga kita menempatkan keselamatan kita sebagai taruhanyakan?

Sediakan juga kotak kesehatan kita sendiri, mana kala kita menghadapi masalah kesehatan saat perjalanan. bagi pemudik yang hanya menempuh jarak satu hari, ada baiknya mempersiapkan makanan sendiri karena biasanya harga harga makanan seperti roti, aqua dan sebagainya akan dinaikkan..

Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai ditujuan..selamat mudik..

salam sayang, writer: Mejuah JUah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima pasang iklan, GRATIS gak pakek bayar

terima pasang iklan, GRATIS gak pakek bayar

cari rejeki bersama Ustad Yusuf Mansur

Pasang iklan disini, tanpa dipungut bayar

Pasang iklan disini, tanpa dipungut bayar

bersama formula bisnis.com, Bisaaa....

NOOR ATHIFA ALYA KEYRAWILDA

NOOR ATHIFA ALYA KEYRAWILDA

......filosofi......

Dalam tidur mungkin kita bermimpi bahwa HIDUP adalah indah menyenangkan penuh kebahagiaan. Namun dikala bangun kita mendapatkan, kita melihat, kita merasakan bahwa HIDUP adalah penuh tantangan, memerlukan perjuangan, memerlukan pengorbanan, memerlukan motivasi semangat. Serta menuntut kesabaran, memerlukan ketabahan tawakkal .......

DAN KAMI TIDAK MENGUTUS SEORANG RASULPUN SEBELUM ENGKAU (MUHAMMAD) MELAINKAN KAMI WAHYUKAN KEPADANYA, BAHWA TIDAK ADA TUHAN (YANG BERHAK DISEMBAH) SELAIN AKU, MAKA SEMBAHLAH AKU. ( QS. AL ANBIYA 21:25)

DAN KAMI TIDAK MENGUTUS SEORANG RASULPUN SEBELUM ENGKAU (MUHAMMAD) MELAINKAN KAMI WAHYUKAN KEPADANYA, BAHWA TIDAK ADA TUHAN (YANG BERHAK DISEMBAH) SELAIN AKU, MAKA SEMBAHLAH AKU ( QS. AL ANBIYA 21:25)

“Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.” (QS. Saba’: 28)


“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107)



PENTING UNTUK DIINGAT, BAHWA HIDUP ADALAH MEMERLUKAN KEBERSAMAAN, SALING MEMBUTUHKAN SALING TOLONG MENOLONG SESAMA, SALING MEMBERI DAN MENERIMA, HIDUP DALAM KONTEKS PARADIGMA MENANG-MENANG, BUKAN KALAH -MENANG.


( by luk)